TAUTAN IMAN



Taman Internet "CERIAnet", jangan lupa setelah baca kasih komentar atau isi buku tamu. Fallow juga boleh kok..

Protected by Copyscape Unique Content Checker
*Kecuali pada postingan disertakan link asal/asli-nya*

Jumat

MENGENAI RANU GRATI


Ranu Grati Pasuruan ( 7 Desa Yang Hilang )








Judulnya kok serem amat sih ? emng tuh nyata ya ? jawabnya , ya ! itu betul2 nyata . jadi begini kurang dan lebih kisahnya : dulu tuh , entah dijaman sapa aku kurang jelas . ada sebuah daerah didaerah pasuruan- jatim yang hampir keseluruhan penduduknya tuh sukses banget dalam hal duniawi . minim yang miskin . bahkan hingga sampai 7 desa yg saling berdampingan kehidupannya sangat sukses . namun kesuksesan mereka tuh ga' disertai dg rasa bersyukur pada Allah SWT . tiap hari jika mereka selesai bekerja digunakan untuk kemaksiatan . berjudi , begadang , mabuk2-an dll . itu berlangung udah lama banget. so , hingga para penduduk itu hatinya udah tertutup , meski banyak yg kasih peringatan .
nah sampai pada suatu hari , ada seorang anak kecil dengan membawa kayu kecil untuk dipakai dia berjalan ( tongkat ) karena dia kondisinya terkena penyakit kulit yg menjijik-kan . maksud dia untuk memasuki kampung tersebut untuk mencari sedekah buat kehidupan sehari2. singkat kisah , ga' ada seorangpun dike-7 desa itu yg mau menolong atau memberi sedekah . dan parahnya lagi malah hampir semuanya pada mengejek , memukul dan menendang anak kecil tadi . dia menangis sedih . sudah berhari2 usahanya ga' membawa hasil .
Sampai pada akhirnya ada perempuan tua , janda yang menolongnya . janda miskin . bekerja sebagai penumbuk padi dg lumpang-nya . janda itu mengajak anak kecil itu kerumahnya dan diberi makan dan minum seadanya . setelah kenyang dan ada kekuatan . anak kecil itu berusaha lagi utk nyari sedekah disekitar 7 desa itu . namun namun sampai ke-3 kalinya ga' membawa keberhasilan malah terus mendapat siksaan .
entah bagaimana kejadiannya , suatu hari anak kecil itu datang lagi kerumah janda miskin itu dan berpesan :
" Bu , tolong ibu nanti jangan keluar rumah . dan ibu naik aja ke lumpang milik ibu . jangan turun dari lumpang itu sampai keadaan aman " .
pada akhirnya janda itu menuruti kata anak kecil itu . lalu anak kecil itu pergi menuju ketempat biasanya para penduduk berkumpul dan melakukan maksiat . setelah sampai , anak kecil itu langsung menancapkan tongkat kecilnya itu ditanah sambil teriak bilang :
" siapa yg merasa kuat , cabut tongkatku ini !! .
Singkat cerita , ngga' ada satu orangpun yg sanggup mencabut tongkat itu . akhirnya anak kecil itu mencabut sendiri tongkatnya . dan tiba2 dari tempat menancapnya tongkat tadi memancar air dengan deras dan makin membesar . anak kecil itupun hilang entah kemana . sedang 7 desa tadi tenggelam berikut segara isinya . sedangkan janda tadi selamat karena saat ada arus air yg datang dia berada diatas lumpang-nya . hingga kini terdapat makam janda tersebut disekitar danau itu .
Fakta : tahun 70-an dulu ada sekelompok orang dari pihak pemerintah yg ingin meneliti kebenaran kisah tadi . banyak rintangan yg membuat banyak korban . akhirnya dari pihak pemerintah minta tolong dengan seorang kyai sepuh yang bernama : KYAI JUNAID untuk menolong orang2 yg menyelam kedanau itu dan tak kembali lagi . akhirnya kyai itu menyelam kedanau itu cukup lama . dan akhirnya beliau muncul dg membawa korban2 yg sudah meninggal . dari salah satu korban yg meninggal tadi ada yg saat menyelam membawa foto yg khusus utk menfoto sesuatu didalam air . setelah foto itu dicuci dan dilihat hasilnya , ternyata bekas2 kampung didasar danau itu memang ada dan nyata . Subhanallah.
Tapi kini di era globalisasi kondisi ranu yang dulu jauh berbeda. Sekarang banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung walau hanya sekedar melihat-lihat pemandangan ranu grati. Berbagai fasilitas di sediakan seperti perahu motor, sarana pancing dll. Itu pun berkat kesigapan Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang bisa melihat akan potensi Ranu Grati. Gambaran keangkeran Ranu grati kini tak tampak lagi...
Indahnya pemandangan serta acara-acara yang mengisi di hari libur sangat mengundang wisatawan. Dan juga acara-acara lomba seperti lomba perahu dayung/genderang tingkat nasional pun pernah di selenggarakan.
Dan juga karamba-karamba (tempat penangkaran ikan dengan jala) merupakan satu pemandangan yang tampak indah. Pendek kata Ranu Grati yang sekarang jauh berbeda karena sentuhan-sentuhan terampil dan membangun baik dari Permerintah maupun masyarakat sekitar sendiri.

1 komentar:

day mengatakan...

walau bagaimanapun juga kita musti bangga sama Ranu..

Poskan Komentar

Maaf...!!! Untuk komentar yang bersifat SARA / SPAM terpaksa kami hapus.

CERIA.net LINK ACCESS



CERIAnet


Google Pagerank PR bar PageRank.seoserp.com blog-indonesia.com Add to Google Reader or Homepage Join 4Shared Now! CO.CC:Free Domain what is my ip address? 4shared.com - Free file sharing and storage Photobucket Lawan Spam! Klik Disini! Search Engine Optimization SEO Free Automatic Backlink Academics Blogs DigNow.net Photobucket Review www.cerinet-grati.co.cc on alexa.com Test your Internet connection speed at Speedtest.net Subscribe in Bloglines Powered by FeedBurner Add to My AOL Add to Webwag Add to Plusmo Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Photobucket Photobucket 

CERIAnet SUPPORTED BY


Photobucket
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.



Layanan STNK dan SIM Keliling Kab. Pasuruan




Sumber : SATLANTAS Pasuruan

Photobucket