TAUTAN IMAN



Taman Internet "CERIAnet", jangan lupa setelah baca kasih komentar atau isi buku tamu. Fallow juga boleh kok..

Protected by Copyscape Unique Content Checker
*Kecuali pada postingan disertakan link asal/asli-nya*

Rabu

Membedakan Asam Urat dan Rematik

Membedakan Asam Urat dan Rematik

kaki_wanita
Adanya kemiripan antara nyeri akibat asam urat dengan rematik, tak jarang membuat banyak orang menganggap bahwa keduanya adalah penyakit yang sama. Apakah perbedaannya?

Penyakit asam urat timbul akibat meningkatnya kandungan asam urat (urate acid) dalam darah sehingga kadarnya melebihi normal. Asam urat sendiri terbentuk dari senyawa purin, yaitu senyawa pecahan dari asam nukleat (bahan dasar protein inti sel). Akibatnya, timbullah beragam reaksi, mulai dari radang sendi hingga gagal ginjal.

Sedangkan rematik disebabkan oleh hal yang sangat berbeda, yaitu kerapuhan tulang. Untuk memastikan penyebab rasa nyeri itu perlu dilakukan tes darah di laboratorium.

Tapi, apakah rematik disebabkan asam urat? Faktanya, hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya tinggi. Banyak pasien yang asam urat tinggi justru tidak mengalami rematik. Asam urat dalam darah yang tinggi belum tentu akan menyebabkan rematik. "Penyakit rematik akan terjadi bila asam urat terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat.

Secara alamiah, kadar asam urat pada wanita memang lebih rendah dibanding pada pria. Penyebabnya karena hormon estrogen dalam tubuh wanita ikut membuang asam urat yang berlebih lewat urine. Kadar asam urat normal pada pria adalah 2,1 - 8,5 mg/dl, sedangkan pada wanita 2,0 - 6,6 mg/dl.

Pada wanita, penyakit ini umumnya baru timbul setelah memasuki menopause, karena pada saat itu hormon estrogen berhenti diproduksi oleh tubuh. Tapi, saat ini makin banyak penderita asam urat adalah wanita usia muda. Kenapa bisa begitu? Penyebabnya bisa jadi adanya ketidakseimbangan hormon reproduksi, atau karena memang punya 'bakat' penyakit asam urat.(dikutip dari vivanews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf...!!! Untuk komentar yang bersifat SARA / SPAM terpaksa kami hapus.

CERIA.net LINK ACCESS



CERIAnet


Google Pagerank PR bar PageRank.seoserp.com blog-indonesia.com Add to Google Reader or Homepage Join 4Shared Now! CO.CC:Free Domain what is my ip address? 4shared.com - Free file sharing and storage Photobucket Lawan Spam! Klik Disini! Search Engine Optimization SEO Free Automatic Backlink Academics Blogs DigNow.net Photobucket Review www.cerinet-grati.co.cc on alexa.com Test your Internet connection speed at Speedtest.net Subscribe in Bloglines Powered by FeedBurner Add to My AOL Add to Webwag Add to Plusmo Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Photobucket Photobucket 

CERIAnet SUPPORTED BY


Photobucket
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.



Layanan STNK dan SIM Keliling Kab. Pasuruan




Sumber : SATLANTAS Pasuruan

Photobucket