TAUTAN IMAN



Taman Internet "CERIAnet", jangan lupa setelah baca kasih komentar atau isi buku tamu. Fallow juga boleh kok..

Protected by Copyscape Unique Content Checker
*Kecuali pada postingan disertakan link asal/asli-nya*

Rabu

PEACE HEART ( Ithmi’nân )



             Dunia ini adalah tempat cobaan, ujian, dan kesusahan. Secara garis besar, cobaan-cobaan dunia dapat dibagi menjadi tiga macam :

Pertama, musibah fisik seperti sakit atau penyakit yang diderita oleh seseorang atau keluarganya, kematian dirinya atau orang yang dicintainya, penganiayaan atau kejahatan atau perampasan hak-hak yang dilakukan orang lain, dan berbagai keburukan dan kesulitan yang lainnya.

Kedua, musibah berupa kesusahan dn kesulitan karena tak punya harta benda atau hidup miskin dan serba kekurangan.

Ketiga, rasa takut kehilangan sesuatu yang dimilikinya. Takut hartanya dicuri atau hilang atau berkurang, mungkin karena kejadian yang menimpa anak-anaknya atau karena mereka sakit atau kematian dirinya.

Ketiga jenis musibah itu biasanya menghilangkan ketenangannya. Faktor dari semua itu berupa ketergantungannya kepada dunia dan berpaling dari dzikir (ingat) kepada ALLAH.

Dalam Al-Qur’an ALLAH berfirman. ”Maka barang siapa yang berpaling dari peringatan-KU, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit..” (QS Thâhâ: 124).

Adapun hamba-hamba ALLAH yang selalu ingat (dzikir) maka mereka akan sampai pada sumber kesempurnaan dan kebaikan. Mereka menyaksikan keindahandan kesempurnaan yang tiada batas. Hati mereka damai dengan dzikir (ingat ALLAH) dan ‘uns (keakraban dan kedamaian dengan-NYA). Tiada gelisah dan resah dalam diri mereka. Karena mereka memiliki Tuhan maka segalanya mereka miliki. Mereka tidak bergantung pada urusan-urusan dunia sehingga dengan kehilangannya menjadikan mereka takut dan sedih. Mereka bergantung pada sumber kesempurnaan dan kebaikan yang tiada hilang.

Imam Husain as dalam do’a Arafah-nya mengatakan, ”Engkaulah yang menghilangkan kecemburuan dalam hati para pecinta-MU sehingga tidak mencintai selain-MU dan tidak bersandar pada selain-MU”. Engkaulah yang menenangkan mereka dikala mereka dalam ketakutan. Engkaulah yang memberikan petunjuk kepada mereka dikala mereka dalam kebingungan, apa yang didapatkan oleh yang tidak mendapatkan-MU, dan apa yang tidak didapatkan oleh yang telah mendapatkan-MU, sungguh kecewa orang yang menggantikan ridha-MU dengan ridha selain-MU, dan sungguh rugi orang yang berpaling dari-MU, bagaimana akan diharapkan dari selain-MU padahal Engkau tidak memutuskan kabaikan-MU, bagaimana akan dimintai selain-MU padahal Engkau belum pernah mengubah kebiasaan-MU dalam memberi...”

Dalam segala keadaan, salah satu pengaruh dan tanda pencapaian maqam dzikir, syuhud dan ‘uns adalah ketenangan hati. Pada dasarnya, tidak ada yang mampu memberikan ketenangan bagi bahtera hati yang terombang-ambing oleh badai ombak dan gelombang dunia ini selain dzikir (mengingat) ALLAH.

ALLAH berfirman dalam Al-Qur’an, ”Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat ALLAH. Ingatlah, hanya dengan mengingat ALLAH-lah hati menjadi tentram” (QS ar-Ra’du: 28).

Semakin kokoh iman seorang hamba, maka semakin bertambah pula ketenangan dan kedamaian dalam hatinya.

1 komentar:

ina mengatakan...

manusia memang tak pernah lepas dari itu semua, kekecewaan, sakit, susah, sulit....

makasih pencerahannya sahabat... :)

Posting Komentar

Maaf...!!! Untuk komentar yang bersifat SARA / SPAM terpaksa kami hapus.

CERIA.net LINK ACCESS



CERIAnet


Google Pagerank PR bar PageRank.seoserp.com blog-indonesia.com Add to Google Reader or Homepage Join 4Shared Now! CO.CC:Free Domain what is my ip address? 4shared.com - Free file sharing and storage Photobucket Lawan Spam! Klik Disini! Search Engine Optimization SEO Free Automatic Backlink Academics Blogs DigNow.net Photobucket Review www.cerinet-grati.co.cc on alexa.com Test your Internet connection speed at Speedtest.net Subscribe in Bloglines Powered by FeedBurner Add to My AOL Add to Webwag Add to Plusmo Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Photobucket Photobucket 

CERIAnet SUPPORTED BY


Photobucket
Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.



Layanan STNK dan SIM Keliling Kab. Pasuruan




Sumber : SATLANTAS Pasuruan

Photobucket